PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 PEKALONGAN

RISDIYANTO, FARA VIGRITHA (2024) PENGARUH MINAT DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 04 PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak fara.pdf

Download (165kB)

Abstract

2023. “Pengaruh Minat dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMP NEGERI 04 Pekalongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan 2023. Pembimbing : Dewi Azizah, M.Pd. Kata Kunci : Minat Belajar, Kemandirian Belajar, Kemampuan Pemahaman Konsep. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan yang perlu dikuasai oleh siswa dalam pembelajaran, salah satunya matematika. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi kemampuan pemahaman konsep, diantaranya yaitu minat belajar dan kemandirian belajar. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep, dan (2) Untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMA Negeri 04 Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Teknik yang digunakan adalah simple random sampling dan terpilih yaitu kelas VII B. Variabel penelitiannya adalah minat belajar, kemandirian belajar, dan kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode angket dan tes. Analisis data dilakukan dengan uji regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat, yaitu uji normalitas, linearitas, autokorelasi, heterokedasitas, dan multikolinearitas. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Terdapat pengaruh minat belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan kontribusi minat belajar sebesar 21,4%, dan (2) Terdapat pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep dengan kontribusi kemandirian belajar sebesar 4,78%.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:37
Last Modified: 06 Jun 2024 05:37
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1263

Actions (login required)

View Item View Item