EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP N 4 PEKALONGAN PADA MATERI STATISTIKA

Utami, Lia Candra (2023) EFEKTIVITAS MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS POWERPOINT TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP N 4 PEKALONGAN PADA MATERI STATISTIKA. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak lia.pdf

Download (92kB)

Abstract

Utami, Lia Candra. 2023. “Efektivitas Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Based Learning Berbasis Powerpoint terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika SMP N 4 Pekalongan pada Materi Statistika”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan 2023. Pembimbing: Dewi Mardhiyana, M. Pd. Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan dasar untuk memahami suatu materi supaya dalam pengerjaannya lebih tepat dengan menggunkan pemahaman atau bahasanya sendiri. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VIII SMP N 4 Pekalongan. Hal ini dapat dilihat dari nilai ulangan harian yang masih dibawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan pemahaman konsep dengan model pembelajaran problem based learning lebih baik daripada model pembelajaran secara langsung pada materi statistika kelas VIII SMP N 4 Pekalongan. (2) kemampuan pemahaman konsep siswa mencapai ketuntasan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbasis powerpoint materi statistika kelas VIII SMP N 4 Pekalongan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan jenis studi eksperimental dengan desain Quasi Experimantal Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik tes, responden dalam penelitian ini sebanyak 32 orang siswa kelas VIII di SMP Negeri 4 Pekalongan tahun pelajaran 2022/2023. Analisis data awal meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Uji kesamaan rata-rata digunakan untuk mengetahui kesamaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Analisis data akhir pada penelitian ini terdiri dari uji hipotesis 1 (beda rata-rata) dan uji hipotesis 2 (uji proporsi). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning berbasis Powerpoint lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran secara langsung dan kemampuan pemahaman konsep siswa yang diajar menggunakan model Problem Based Learning berbasis Powerpoint telah mencapai ketuntasan dengan mendapat nilai ≥ 70 lebih dari 75%. Kata Kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika, Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Powerpoint, Statistika.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:05
Last Modified: 06 Jun 2024 05:05
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1260

Actions (login required)

View Item View Item