PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMKN 1 PEKALONGAN

Nabila, Imaniar Salwa (2023) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DITINJAU DARI GAYA BELAJAR DI SMKN 1 PEKALONGAN. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak imaniar.pdf

Download (137kB)

Abstract

Nabila, Imaniar Salwa. 2023. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Ditinjau Dari Gaya Belajar Di SMK N 1 Pekalongan”. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan 2023. Pembimbing: Dewi Azizah, M.Pd. Kata Kunci, Project Based Learning (PjBL), Kemampuan Pemahaman Konsep, Gaya Belajar. Kemampuan pemahaman konsep adalah hal yang penting dalam pembelajaran. Pemahaman konsep menjadi penting karena mempermudah pemahaman terhadap materi. Pemahaman konsep sendiri adalah hal mendasar saat belajar, terutama belajar matematika. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematika di SMK N 1 Pekalongan. Hal ini diketahui dari wawancara terhadap guru bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah. Selain itu, didukung dengan hasil ulangan harian siswa pada materi sebelumnya yang menunjukkan pemahaman konsep siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) model PjBL menghasilkan kemampuan pemahaman konsep lebih baik dari model PBL. (2) pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar auditori, pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar auditori lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik, pemahaman konsep siswa dengan gaya belajar visual lebih baik daripada siswa dengan gaya belajar kinestetik. (3) interaksi model PjBL dan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK N 1 Pekalongan tahun ajaran 2022/2023. Teknik yang digunakan adalah random sampling dan terpilih tig akelas yaitu kelas X Tata Busana 1 sebagai kelas eksperimen, X Tata Busana 3 sebagai kelas kontrol, dan X Tata Busana 2 sebagai kelas uji coba. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket dan tes dimana soal tes menggunakan soal uraian. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji analisis variansi dua jalan yang sebelumnya telah dilakukan uji prasyarat yaitu menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan Model PjBL menghasilkan kemampuan pemahaman konsep yang lebih baik darpada model PBL pada materi statistika. (2) Siswa dengan gaya belajar visual menghasilkan kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar auditori. Siswa dengan gaya belajar auditori menghasilkan kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar kinestetik. Siswa dengan gaya belajar visual menghasilkan kemampuan pemahaman konsep yang lebih tinggi dari siswa dengan gaya belajar kinestetik. (3) Terdapat interaksi antara model dengan gaya belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 04:55
Last Modified: 06 Jun 2024 04:55
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1258

Actions (login required)

View Item View Item