PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI

Agustina, Adhisa (2024) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 KEDUNGWUNI. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak adhisa.pdf

Download (458kB)

Abstract

Agustina, Adhisa. 2023. “Pengaruh Motivasi Belajar dan Keaktifan Siswa terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan 2023. Pembimbing 1. Sayyidatul Karimah, M.Pd. Kata kunci : motivasi belajar, keaktifan siswa, kemampuan pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran matematika. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keberhasilan pembelajaran termasuk didalamnya terdapat motivasi belajar dan keaktifan siswa. Dimana motivasi belajar sebagai energi pendorong melaksanakan kegiatan sedangkan keaktifan siswa diperlukan karena melibatkan sikap, pikiran maupun perbuatan sehingga proses pembelajaran dapat berjalan maksimal dan menjadikan siswa mampu memiliki kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui apakah ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah, 2) untuk mengetahui apakah ada pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, 3) untuk mengetahui apakah pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode ex post facto, populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni. Melalui sample random sampling terpilih 62 siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kedungwuni. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dan tes. Analisis data diolah dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) ada pengaruh motivasi belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah yang berkontribusi sebesar 9,7% dengan persamaan regresi �???? = 5,642 + 0,326�???? + �???? 2) ada pengaruh keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah yang berkontribusi sebesar 6,6% dengan persamaan regresi �???? = 9,205 + 0,259�???? + �???? 3) ada pengaruh motivasi belajar dan keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah yang berkontribusi sebesar 9,8% dengan persamaan regresi �???? = 4,740 + 0,280���1 + 0,060���2 + ���.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:29
Last Modified: 06 Jun 2024 05:29
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1261

Actions (login required)

View Item View Item