PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN HUBANTSUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 9 BATANG

Widyanti, Ari (2023) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CORE BERBANTUAN HUBANTSUKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP N 9 BATANG. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
Ari Widyanti.pdf

Download (146kB)

Abstract

Permasalahan di SMP N 9 Batang terlihat bahwa siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami sebuah materi dan kemampuan pemahaman konsep matematik siswa masih rendah. Pada penelitian ini akan diterapkan model pembelajaran CORE berbantuan hubantsuka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan hubantsuka dapat mencapai ketuntasan; 2) kemampuan pemahaman konsep matematik siswa dengan menggunakan model pembelajaran CORE berbantuan hubantsuka lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran cooperative learning. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 9 Batang yang terdiri dari 5 kelas yaitu VII A, VII B, VII C, VII D dan VII E. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple random sampling. Hasilnya terpilih kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes. Analisis data diolah dengan menggunakan uji prasyarat meliputi uji normalitas dan uji homogenitas. Sedangkan uji hipotesis meliputi uji ketuntasan belajar dan uji beda rata-rata.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Model Pembelajaran CORE, Hubantsuka, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 12 Jul 2023 04:17
Last Modified: 12 Jul 2023 04:17
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/980

Actions (login required)

View Item View Item