PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP PERILAKU MENABUNG (Studi Kasus Pada Anggota Koperasi BMT Nusa Kartika )

Nasahila, Iffa Aeni (2023) PENGARUH LITERASI KEUANGAN, INKLUSI KEUANGAN DAN SOCIAL INFLUENCE TERHADAP PERILAKU MENABUNG (Studi Kasus Pada Anggota Koperasi BMT Nusa Kartika ). Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
Iffa Aeni Nasahila.pdf

Download (7kB)

Abstract

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan bahwa budaya menabung di indonesia terbilang rendah dibandingkan negara tetangga. Rendahnya minat menabung dikarenakan perilaku konsumtif masyarakat tergong lebih tinggi. Perilaku menabung belum menjadi kebiasaan bagi sebagian besar masyarakat indonesia. Tingkat kesadaran menabung masyarakat diyakini masih rendah. Masyarakat menabung apabila memiliki dana yang berlebih setelah konsumsi dipenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis apakah literasi keuangan, inklusi keuangan, dan social influence berpengaruh terhadap perilaku menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode regresi linear berganda menggunakan SPSS. Populasi yang dijadikan obyek penelitian ini sebanyak 5,818. Teknik yang digunakan dalam pengammbilan sampel adalah simple random sampling menggunakan rumus slovin sehingga dapat ditentukan jumlah sampel 100 responden. Untuk menguji hipotesis penulis menggunakan metode uji t. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan SPSS dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh signifikan literasi keuangan, inklusi keuangan dan berpengaruh tidak signifikan social influence terhadap perilaku menabung.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Social Influence, Perilaku Menabung
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 12 Jul 2023 02:22
Last Modified: 12 Jul 2023 02:22
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/937

Actions (login required)

View Item View Item