PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris UMK Di Kota Pekalongan yang Telah Bermitra dengan Shopee)

Arjunanda, Hero Herwindo Sakti (2022) PENGARUH ENTREPRENEURIAL MARKETING TERHADAP KINERJA PEMASARAN (Studi Empiris UMK Di Kota Pekalongan yang Telah Bermitra dengan Shopee). Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
Hero Herwindo Sakti Arjunanda.pdf

Download (7kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh entrerpreneurial marketing terhadap Kinerja Pemasaran. Subjek penelitian ini adalah 100 Pelaku UMK di Kota Pekalongan yang bermitra dengan Shopee eCommerce. Entrepreneurial marketing diukur dengan proactive, innovation, value creation, opportunity focused, customer intensity, risk-taking dan resource leveraging. Banyak pelaku usaha yang bermitra hanya mengikuti trend pemasaran yang terjadi tanpa menganalisis strategi yang ada. Karena tidak semua jenis usaha cocok dengan fasilitas yang disediakan oleh Shopee. Seperti halnya barang yang dijual dengan harga yang cukup tinggi diperjualbelikan dan memanfaatkan fasilitas yang disediakan oleh Shopee dan beberapa produk jasa tidak cocok menggunakan fasilitas yang disediakan Shopee. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa: (1) proactive berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran; (2) innovation berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran; (3) value creation berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran; (4) opportunity focused berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran; (5) customer intensity berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran; (6) risk-taking berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran; dan (7) resource leveraging berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemasaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Entrepreneurial Marketing, Kinerja Pemasaran, UMK
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Jun 2023 03:23
Last Modified: 13 Jun 2023 03:23
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/507

Actions (login required)

View Item View Item