PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP NIAT PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING

Wijayanti, Eva Latipah (2022) PENGARUH KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN FITUR LAYANAN TERHADAP NIAT PENGGUNAAN APLIKASI MOBILE BANKING. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
Eva Latipah Wijayanti.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh simultan kemudahan pengunaan dan fitur layanan terhadap niat penggunaan aplikasi Mobile Banking. Pendekatan penelitian jenis kuantitatif. Penelitian dalam penentuan sampel menggunakan teknik sampel jenuh atau total, yaitu sebanyak 35 orang karyawan karyawan PT. Gemala Kempa Daya Jakarta Utara pengguna aplikasi Mobile Banking. . Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua macam yaitu data primer diperoleh dari hasil penyebaran kuesioner kepada konsumen, data sekunder diperoleh dari dokumen-dokumen perusahaan dan literatur-literatur keperpustakaan yang memberikan informasi tentang variabel penelitian. Untuk menganalisis data primer yang didapat melalui penyebaran kuesioner, peneliti melakukan beberapa analisis data yaitu: analisis rata-rata tanggapan responden, uji validitas, uji reliabilitas, analisis koefisien korelasi, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi, uji hipotesis, dan uji F. Hasil penelitian menunjukan: Pengaruh kemudahan pengunaan terhadap niat penggunaan aplikasi Mobile Banking. Terbukti nilai thitung > ttabel (3,784 > 1,697). Hal ini berarti ada pengaruh kemudahaan penggunaan terhadap niat penggunaan Mobile Banking. Pengaruh fitur layanan terhadap niat penggunaan aplikasi Mobile Banking. Terbukti nilai thitung > ttabel (3,029 > 1,697). Hal ini berarti ada pengaruh fitur layanan terhadap niat penggunaan Mobile Banking. Terdapat pengaruh simultan kemudahan pengunaan dan fitur layanan terhadap niat penggunaan aplikasi Mobile Banking. Terbukti hasil uji koefisien korelasi menunjukan bahwa nilai R sebesar 0,795. Dapat disimpulkan terdapat hubungan yang kuat antara variabel kemudahan pengunaan dan fitur layanan terhadap niat penggunaan aplikasi Mobile Banking. Karena nilai interprestasi koefisien korelasi berada pada interval 0,60 - 0,799. Saran: Agar supaya konsumen merasakan Mobile Banking mudah diakses kapan pun dan di mana pun, maka dapat memberikan fasilitas jangkauan koneksi lebih luas yang diberikan oleh Bank juga bisa menimbulkan niat penggunaan pada konsumen, selain itu konsumen juga bisa lebih produktif tanpa ada hambatan ketika bertransaksi secara digital. Agar supaya konsumen merasakan keberagaman fitur dan inovasi produk Mobile Banking, maka Bank dapat menyediakan teknologi Mobile Banking yang memiliki kelengkapan fitur yang sesuai kebutuhan para nasabah seperti adanya kelengkapan informasi, ketersediaanya fitur transaksi yang sesuai kebutuhan masyarakat akan lebih diminati dengan alasan masyarakat merasa lebih dipermudah dengan penggunaan fitur-fitur yang ada pada Mobile Banking.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 13 Jun 2023 02:53
Last Modified: 13 Jun 2023 02:53
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/502

Actions (login required)

View Item View Item