Wibowo, Dwi Edi (2013) Penegakan Hukum Tentang Tanggung Jawab Pelaku Usaha Angkutan Kota Dalam Perwujudan Perlindungan Konsumen di Kota Pekalongan. Jurnal lImiah Padma Sri Kreshna, 1 (15). pp. 9-18. ISSN 1412-6605
Text (Artikel Jurnal)
Artikel 1.pdf Download (1MB) |
|
Text (Artikel Similarity)
Turnitin Artikel 1.pdf Download (182kB) |
Abstract
Masalah pelayanan angkutan ini semakin rumit apabila dihubungkan dengan pelayanan yang diberikan kepada konsumen karena pelayanan yang dilakukan oleh pelaku usaha angkutan, awak bus maupun pemerintah sebagai pihak yang mengeluarkan kebijakan dalam bidang angkutan kota ternyata masih belum melaksanakan terwujudnya hak konsumen dalam hal kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab pelaku usaha angkutan kota terhadap batas maksimal penumpang, pencopetan, penodongan, pelecehan seksual, awak angkutan kota yang mengemudikan melebihi batas maksimal dan untuk mengetahui bagaimanakah mekanisme penegakan hukum dalam hal terjadi sengketa antara pelaku usaha angkutan kota dan konsumen. Metode yang diterapkan dengan pendekatan yuridis sosiologis. Hasil penelitian pihak pelaku usaha akan memberikan suatu sanksi bagi awak bus yang melanggar terhadap batas maksimal, dalam hal pencopetan, penodongan, pelecehan maka awak bus melaporkan kepada pihak pelaku usaha, selanjutnya pihak pelaku usaha akan membantu korban untuk melaporkan kepada pihak yang berwajib dan melakukan pencegahan dengan tindakan: pengamanan, memberikan arahan kepada awak bus, memakai jasa polisi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tanggungjawab, pelaku usaha, perlindungan konsumen |
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Artikel Unikal |
Depositing User: | S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 02:01 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 02:01 |
URI: | http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/369 |
Actions (login required)
View Item |