ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI

KHOIRUNNISA, FITA (2024) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL EKSPONEN BERDASARKAN TEORI NEWMAN DI SMA NEGERI 1 KEDUNGWUNI. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak fita.pdf

Download (172kB)

Abstract

Khoirunnisa, Fita. 2023. “Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Eksponen Berdasarkan Prosedur Newman di SMA Negeri 1 Kedungwuni”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan, 2023. Pembimbing Rini Utami, M.Pd. Kata kunci : Analisis, Eksponen, Kesalahan, Newman Rendahnya kemampuan matematika siswa dapat dilihat dari penguasaan siswa saat diberikan materi eksponen. Salah satunya yaitu dengan memberikan soal terkait materi eksponen kepada siswa. Pada saat siswa menyelesaikan tes, terdapat beberapa kesalahan yang dilakukan dalam proses penyelesaiannya. kesalahan merupakan bentuk kekeliruan dari hal yang sebenarnya, dalam artian siswa melakukan kesalahan ketika mereka tidak mampu mengerjakan soal matematika dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal eksponen. Selain itu, penelitian juga menganalisis faktor penyebab kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa. Kesalahan dalam mengerjakan soal terdiri dari kesalahan membaca, kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses dan kesalahan penulisan jawaban akhir. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Soal tes yang digunakan yaitu soal tes uraian terkait materi eksponen. Tes bertujuan untuk mengetahui kesalahan apa saja kesalahan siswa, sedangkan wawancara dilakukan bertujuan untuk memperkuat informasi atau data yang sudah diperoleh dari hasil tes sebelumnya. Dari hasil data yang telah didapatkan, selanjutnya dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil pada penelitian ini menyebutkan, siswa melakukan kesalahan memahami, kesalahan transformasi, kesalahan proses dan kesalahan pada penulisan jawaban akhir. Faktor yang menyebabkan siswa melakukan kesalahan dalam mengerjakan soal eksponen yaitu siswa terburu-buru dalam mengerjakan soal, siswa juga tidak dapat melanjutkan proses pengerjaan soal karena siswa kurang paham dengan materi dan siswa kurang teliti dalam mengerjakan soal.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:40
Last Modified: 06 Jun 2024 05:40
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1264

Actions (login required)

View Item View Item