PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP ISLAM WALISONGO

Pramitasari, Dwiastuti (2024) PENGARUH MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA KELAS VIII SMP ISLAM WALISONGO. Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text
abstrak dwiastuti.pdf

Download (81kB)

Abstract

Pramitasari, Dwiastuti. 2024. Pengaruh Minat Belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Walisongo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pekalongan 2024. Pembimbing I: Sayyidatul Karimah. M.Pd, pembimbing II: Rini Utami. M.Pd. Kata Kunci : Minat Belajar, Prestasi Belajar, Statistika Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya prestasi belajar siswa. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa diantaranya minat belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas VIII SMP Islam Walisongo. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa SMP kelas VIII. Sampel penelitian berjumlah 33 siswa. Metode analisis yang digunakan yaitu regresi sederhana. Data dalam penelitian ini diambil melalui pengisian angket minat dan tes prestasi belajar matematika pada materi statistika. Pengujian dalam penelitian ini meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji regresi linier. Hasil dari penelitian ini menyebutkan tidak ada pengaruh prestasi belajar matematika dan minat belajar matematika. Uji normalitas berbantuan SPSS yaitu menggunakan uji Kolmogorov Smirnov Test. Berdasarkan analisis menggunakan SPSS dihasilkan nilai signifikansi untuk data prestasi belajar = 0,429 > 0,05. Nilai tersebut menandakan H0 diterima berarti data prestasi belajar mempunyai distribusi normal. Sedangkan nilai signifikansi untuk data minat belajar = 0,152 > 0,05. Nilai tersebut menandakan H0 diterima berarti data minat belajar mempunyai distribusi normal. Uji linieritas pada penelitian ini juga berbantuan SPSS. Berdasarkan analisis menggunakan SPSS dihasilkan nilai siginifikansi pada Deviation from Liniearity yaitu sebesar 0,683 > 0,05 maka arah regresi dari variabel bebas ke variabel terikat bersifat linier. Hal ini berarti minat belajar matematika mempunyai arah regresi yang linier terhadap prestasi belajar matematika. Data yang ada memenuhi syarat normal dan linier. Analisis regresi linier dianalisis menggunakan bantuan SPSS. Dari hasil analisis regresi linier melalui SPSS diperoleh besarnya kontribusi atau sumbangan variabel X terhadap variabel Y pada sebesar 1,01 % dan sisanya disumbangkan ke variabel lain di luar penelitian. Dari hasil analisis nilai F hitung = 0,322 dengan tingkat signifkansi =0,574 > 0,05 maka model regresi tidak dapat dipakai untuk memprediksi variabel terikat atau dengan kata lain tidak ada pengaruh variabel bebas dan variabel terikat.

Item Type: Karya Ilmiah (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 06 Jun 2024 05:33
Last Modified: 06 Jun 2024 05:33
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/1262

Actions (login required)

View Item View Item