Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Pendirian Toko Modern Di Kota Pekalongan Tahun 2018

Sabana, Choliq and Satrio, Danang (2018) Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Pendirian Toko Modern Di Kota Pekalongan Tahun 2018. Project Report. PPMA FE Unikal, Pekalongan.

[img] Text
15. Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Pendirian Toko Modern Di Kota Pekalongan Tahun 2018.pdf

Download (593kB)

Abstract

Dokumen Analisa Kajian Sosial Ekonomi Masyarakat (AKSEM) Pendirian Toko Swalayan dan Pusat Perbelanjaan Transmart di Kota Pekalongan bertujuan memberikan informasi riil tentang dampak yang muncul dan akan dirasakan oleh pihak-pihak yang terkait dengan pendirian Transmart. Oleh karenanya tim melakukan studi dengan responden langsung yang terdiri atas pedagang di pasar tradisional, pedagang ritel (di luar pasar tradisional), pelaku UMKM, konsumen dan pengamat ekonomi yang ada di Kota Pekalongan, sehingga analisis bisa dilakukan secara jujur dan obyektif. Tujuan penyusunan dokumen kajian ini adalah a) sebagai dokumen analisa kondisi sosial ekonomi masyarakat, b) analisis integrasi Pasar Tradisional, Pusat Perbelanjaan atau bangunan / kawasan lain Kajian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Informasi yang dibutuhkan diperoleh langsung dari para stakeholder (pemangku kepentingan) dengan metode partisipatif (participatory approach) yaitu dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan sebagai informan, yakni pedagang di dalam pasar tradisional, pedagang di luar pasar tradisional, pelaku UMKM, dan masyarakat konsumen. Pedagang di Pasar Tradisional secara umum sebanyak 60% tidak merasakan dampak atas hadirnya toko swalayan dan pusat perbelanjaan. Sedangkan pedagang di luar pasar tradisonal hanya 17% yang mengalami penurunan artinya 83% pedagang tidak mengalami dampak negative hadirnya toko swalayan dan pusat perbelanjaan. 85% pelaku UMKM tidak berdampak atas hadirnya toko swalayan. Hadirnya Transmart berdampak langsung pada penyerapan tenaga kerja yang cukup besar. Kesimpulan dari kajian ini adalah sebagai berikut: 1) Transmart hadir untuk memenuhi kebutuhan penduduk Kota Pekalongan sehingga perlu keberpihakan pada pengisian temaga kerja dengan mengutamakan penduduk kota Pekalongan sebagai prioritas; 2) perlu dijaga tingkat harga baik itu produk pangan, hiburan maupun lainnya, agar dapat dinikmati oleh masyarakat Pekalongan; 3) dalam melaksanakan bisnisnya harus bermitra dengan dunia bisnis Pekalongan; 4) program CSR yang akan dilaksankan harus memprioritaskan dari wilayah terdekat. Kata kunci : dampak, sosial ekonomi, toko modern, pasar tradisional

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 11 Jul 2020 05:31
Last Modified: 11 Jul 2020 05:31
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/89

Actions (login required)

View Item View Item