Kajian Sosial Ekonomi Pembangunan Exit Tol di Kota Pekalongan

Nurhayati, Siti and Sabana, Choliq and Zahro, zahro (2019) Kajian Sosial Ekonomi Pembangunan Exit Tol di Kota Pekalongan. Project Report. PPMA FE Universitas Pekalongan, Pekalongan.

[img] Text
010 - Kajian Exit Tol - Full.pdf

Download (596kB)

Abstract

Pembangunan jalan tol ruas Pemalang – Batang yang melewati wilayah Kota Pekalongan sepanjang sekitar 37 Km dan sudah diresmikan oelh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada akhir tahun 2018 yang lalu. Pada saat pembangunan awal jalan tol, di Kota Pekalongan belum ada exit tol, dan pembangunan exit tol dilaksanakan belakangan. Selain jalan dan exit tol, Kota Pekalongan juga memiliki imfrastruktur berupa jalan yang berada di wilayah Kota Pekalongan sepanjang 153.412 Km, di mana dari panjang jalan yang ada terdapat jalan yang kondisinya rusak dan rusak berat sepanjang 35.626 Km (23,22 %)nya. Secara umum masyarakat menyatakan bahwa pembangunan jalan dan exit tol memudahkan akses transportasi ke layanan kesehatan lebih mudah, dan layanan pendidikan, namun tidan mempengaruhi kemudahan akses transportasi ke layanan pemerintahan. Hasil penelitian ini juga menepis isu yang selama ini beredar bahwa dengan dibangunnya jalan dan exit tol menyebabkan pendapatan pedagang turun (terutama pedagang yang berjualan di pasar grosir Setono). Hal ini ditunjukkan oleh jawaban responden yang sebagian besar ( 55,56 % ) menyatakan bahwa setelah ada jalan dan exit tol justru pendapatannya meningkat, dan beberapa pedagang menyatakan ada dampak positif yaitu akan menambah kios atau toko untuk berjualan. Beberapa saran yang disampaikan oleh masyarakat adalah : Pemerintah Kota Pekalongan sering mengadakan even-even seperti pameran agar lebih ramai pengunjung yang diharapkan berimbas pada belanja, Jalan masuk pasar dan gang-gang yang menghubungkan bagian depan dan bagian belakang pasar agar di aspal atau di paving sehingga tidak berdebu, Grosir agar dibuka 24 jam dan ada fasilitas full musik, Dibuatkan taman, dan dipasang lampu-lampu hias, Drainase agar diperbaiki, Iuran per kios yang dulu diadakan agar dilanjutkan lagi, Tempat parkir dibagi dua (depan dan belakang), sehingga pengunjung tidak hanya fokus di depan saja tapi juga di bagian belakang, Dibangun tempat foto (foto boot) di area pasar, Rambu petunjuk kea rah jalan tol ditambah, dan Segera direalisasi rest area di wilayah Kota Pekalongan KEYWORD: Jalan Toll, Exit toll, Dampak sosial, Dampak Ekonomi,

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Jul 2020 03:05
Last Modified: 03 Jul 2020 03:05
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item