Strategi E-Commerce Adoption dan Knowledge Creation untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan menengah (UKM) Batik di Kota Pekalongan

Nurhayati, Siti (2017) Strategi E-Commerce Adoption dan Knowledge Creation untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan menengah (UKM) Batik di Kota Pekalongan. Project Report. PPMA FE Universitas Pekalongan, Pekalongan.

[img] Text
010 - STRATEGI E-COMMERCE ADOPTION DAN KNOWLEDGE CREATION UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING UKM BATIK DI KOTA PEKALONGAN .pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh terjadinya penurunan omset penjualan batik yang dihadapi oleh pengusaha batik berskala kecil (UKM) di Kota Pekalongan. Hal itu disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya adalah produk batik mereka tidak mampu bersaing dengan produk tekstil bermotif batik yang mem banjiri pasar-pasar domestik. Ketidak mampuan bersaing itu terutama dalam hal harga, dimana tekstil printing bermotif batik diproduksi secara masal dan mekanik sehingga biaya produksinya murah, dan berdampak pada harga jual yang murah juga. Kondisi ini diperburuk lagi oleh kurangnya pengetahuan masyarakat untuk membedakan mana produk yang berupa batik asli dan mana produk tekstil bermotif batik, sehingga masyarakat lebih senang untuk membeli produk yang harganya murah. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi peningkatan daya saing produk batik yang dihasilkan oleh UKM di Kota Pekalongan dengan pendekatan strategie-commerce adoption dan knowledge creation. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan melakukan identifikasi terhadap UKM batik yang melakukan adopsi e-commerce dan knowledge creation, identifikasi bentuk pemanfaatannya, dan menguji pengaruh penerapan strategi e-commerce adoption dan knowledge creation terhadap peningkatan daya saing. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung dan penyebaran kuesioner, serta melakukan wawancara terstruktur (guided interview) untuk memperoleh data primer yang lengkap; sedangkan data sekunder dikumpulkan dengan teknik dokumentasi dari berbagai sumber yang relevan. Sedangkan pengolahan data dilakukan dengan analisis diskriptif, pengujian kualitas data dengan menggunakan validitas dan reliabilitas data serta analisis regresi. Luaran penelitian yang diharapkan adalah publikasi dalam jurnal nasional terakreditasi dan jurnal nasional ber ISSN. Kata Kunci :e-commerce adoption, knowledge creation, dayasaing UKM batik

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:59
Last Modified: 03 Jul 2020 02:59
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/86

Actions (login required)

View Item View Item