ANALISIS EMPATHY, PERSUATION, IMPACT DAN COMMUNICATION (EPIC MODEL) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK

Satrio, Danang and Asri, Lovita (2023) ANALISIS EMPATHY, PERSUATION, IMPACT DAN COMMUNICATION (EPIC MODEL) DALAM MENINGKATKAN KEPERCAYAAN PUBLIK. Inobis : Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 6 (3). pp. 350-358. ISSN 2614-0462

[img] Text
ANALISIS EMPATHY, PERSUATION, IMPACT.pdf.pdf

Download (246kB)
Official URL: https://inobis.org/ojs/index.php/jurnal-inobis/art...

Abstract

Analisis (Empathy, Persuation, Impact and Communication) EPIC Model merupakan suatu cara yang strategis dalam meningkatkan kepercayaan publik terhadap toko atau lapak yang menggunakan media iklan seperti Instagram. Toko Mas Gajah Pekalongan merupakan salah satu toko yang menjual produk emas dengan media Instagram sebagai alat pengiklanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendapatkan analisis EPIC Model yang tepat dalam upaya meningkatkan kepercayaan publik terhadap Toko Mas Gajah Pekalongan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dan pengumpulan data dengan metode kuisioner. Alat analisis yang digunakan oleh peneliti yaitu uji validitas, uji realibilitas, uji asumsi klasik, uji kelayakan model, uji regresi linear berganda kemudian dilanjutkan dengan uji rentang skala keputusan EPIC Model kemudian mencari skor rata – rata dengan perhitungan menggunakan EPIC Rate. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu setiap variabel bersifat valid dan bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik didapat hasil berdistribusi secara normal, tidak ada gejala multikolineritas dan tidak ada dugaan terjadinya perbedaan variasi model yang digunakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel persuasi, dampak, dan komunikasi berpengaruh positif signifikan terhadap kepercayaan publik sedangkan variabel empati berpengaruh positif tidak signifikan terhadap kepercayaan publik. Pada penelitian ini menyatakan bahwa dimensi yang paling dominan yaitu dimensi Persuasi (Persuation) dengan skor 5,096 dan akun Instagram @tokomasgajahpekalongan_id dinyatakan efektif berdasarkan hasil perhitungan EPIC rate sebesar 5,064 dalam meningkatkan kepercayaan publik pada Toko Mas Gajah Pekalongan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: EPIC Model, Kepercayaan Publik, Instagram
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 15 May 2023 02:14
Last Modified: 15 May 2023 02:14
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/489

Actions (login required)

View Item View Item