Analisis Penggunaan Preposisi dan Konjungsi pada Teks Karangan Negosiasi

Rosetta, Trie Solichin and Hardiyanto, Fahrudin Eko (2021) Analisis Penggunaan Preposisi dan Konjungsi pada Teks Karangan Negosiasi. Jurnal Inovasi Pembelajaran Karakter (JIPK), 7 (1). pp. 16-27. ISSN 2549-6271

[img] Text (Artikel Similarity)
001 ANALISIS PENGGUNAAN PREPOSISI.pdf

Download (384kB)
Official URL: http://jurnal.untidar.ac.id/index.php/transformati...

Abstract

Penelitian ini berjudul analisis penggunaan preposisi dan konjungsi pada karangan negosiasi siswa. Topik ini dipilih karena masih banyak siswa yang salah dalam menggunakan preposisi dan konjungsi pada teks negosiasi. Adapun tujuan dari penelitian yaitu mendeskripsikan penggunaan preposisi dan konjungsi pada karangan negosiasi yang dibuat peserta didik. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode qualitatif. Data penelitian berupa kalimat yang mengandung kesalahan preposisi dan konjungsi. Sedangkan, sumber data pada penelitian ini berupa hasil karangan negosiasi siswa. Teknik dokumentasi, observsi, wawancara, dan angket diterapkan peneliti dalam mengumpulkan dan memverifikasi data. Penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan prosedur analisis data. Penulis menemukan kesalahan penggunaan preposisi di- menjadi keslahan yang paling sering dilakukan siswa yaitu sejumlah 53 kali kesalahan. Sedangkan konjungsi tetapi menjadi konjungsi yang paling banyak ditemukan kesalahan penggunaannya pada teks negosiasi. Hasil penelitian ini bisa dijadikan pijakan untuk peneliti selanjutnya serta menjadi bahan masukan untuk siswa dan guru pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penggunaan Preposisi; Penggunaan Konjungsi; Karangan Negosiasi
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Artikel Unikal
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 25 Aug 2022 07:47
Last Modified: 26 Aug 2022 04:24
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/309

Actions (login required)

View Item View Item