Pengaruh Experiental Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Agung Motor Kabupaten Pekalongan)

Adila, Bayu Aji Fakri (2022) Pengaruh Experiental Marketing dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Konsumen Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Konsumen Yamaha Agung Motor Kabupaten Pekalongan). Skripsi thesis, Universitas Pekalongan.

[img] Text (Abstrak)
Bayu Aji Fakri Adila.pdf

Download (71kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung experiental marketing terhadap loyalitas konsumen. 2) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tidak langsung experiential marketing terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan.3) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen. 4) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh tidak langsung kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan pelanggan. 5) Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen Yamaha Agung Motor di Kabupaten Pekalongan yang jumlahnya tidak dapat di identifikasi (tidak terbatas).Sampel penelitian ini adalah 100 pelanggan Yamaha Motor Kabupaten Pekalongan. teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Accidental Sampling. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis jalur Hasil dari penelitian ini membuktikan dan memberi kesimpulan bahwa: (1) experiental marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (2) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, (3) experiential marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, (4) kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan, (5) kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan. Loyalitas konsumen sangat dipengaruhi oleh experiential marketing dan kualitas pelayanan (Andreani, 2007), dimana faktor-faktor yang mempengaruhi experiential marketing adalah: (1) Panca indera, (2) Perasaan, (3) Berpikir, (4) Kebiasaan dan (5) Pertalian. Hasil penelitian ini mempertegas hasil penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Wahyu Amrullah (2017), Aprilia Hapsari dan Achmad Fauzi (2017), Januar T Oeyono dan Diah Dharmayanti (2013), Ria Lestari Pangastuti (2017), Nehemia H. S (2017), Lisa Angelia Prasetya (2014), Windyta Wahyu Utami (2018), yang menunjukkan hasil bahwa experiential marketing dan kualitas pelayanan yang berdampak pada loyalitas konsumen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Experiental Marketing, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas
Date Deposited: 28 Apr 2022 04:49
Last Modified: 07 Jun 2022 03:52
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/219

Actions (login required)

View Item View Item