Hidayati, Adisty (2021) Efektivitas Pembelajaran E-learning Berbasis Google Classroom Berbantuan Video Pembelajaran Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Pekajangan. Diploma thesis, Universitas Pekalongan.
|
Text (Halaman Judul)
Ummu Hajar Halaman Judul.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
UmmuHajar Abstrak.pdf Download (9kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Ummu Hajar BAB I.pdf Download (97kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
Ummu Hajar BAB II.pdf Download (489kB) | Preview |
|
|
Text (BAB III)
Ummu Hajar BAB III.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text (BAB IV)
Ummu Hajar BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 2 February 2025. Download (346kB) |
||
|
Text (BAB V)
Ummu Hajar BAB V.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Referensi)
Ummu Hajar Daftar Referensi.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang belum efektif di masa pandemi covid-19 yang mengakibatkan rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan ketuntasan klasikal siswa belum mencapai 70% sebagaimana kriteria yang ditetapkan sekolah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran E-Learning berbasis Google Classroom berbantuan video pembelajaran dapat mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran E-Learning berbasis Google Classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran E-learning berbasis penugasan. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen dengan desain penelitian yaitu Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster random sampling dan terpilih 2 kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII C sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, dokumentasi, dan tes. Data hasil penelitian diolah dengan menggunakan uji prasyarat, uji ketuntasan, dan uji beda rata-rata. Hasil dari penelitian ini diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis google classroom berbantuan video pembelajaran dapat mencapai KKM dan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis google classroom berbantuan video pembelajaran lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran e-learning berbasis penugasan. Kata Kunci: Efektivitas, E-learning, Google Classroom, Video Pembelajaran,
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > Q Science (General) |
Depositing User: | S.Hum. Niken Maharani Hayuningtyas |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 03:31 |
Last Modified: | 29 Jul 2021 07:20 |
URI: | http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/142 |
Actions (login required)
View Item |