RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KONVENSIONAL (Kasus PT. Dian Insan Cipta Pekalongan)

Nurhayati, Siti RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KONVENSIONAL (Kasus PT. Dian Insan Cipta Pekalongan). Project Report. PPMA Fakultas Ekonomi Universitas Pekalongan, Pekalongan.

[img] Text
RANCANGAN STRATEGI PEMASARAN PADA PERUSAHAAN KONVENSIONAL.pdf

Download (587kB)

Abstract

Penelitian yang berjudul “Rancangan Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Konvensional” ini dilakukan pada Borobudur Cinema sebagai unit usaha tunggal dari PT. Dian Insan Cipta Pekalongan. Variabel penelitian terdiri atas variabel internal perusahaan yang dirumuskan dalam “kekuatan bisnis” dan variabel eksternal yang dirumuskan dalam “daya tarik industri”. Indikator dari kekuatan bisnis meliputi : pangsa pasar, variasi produk film, harga produk (tiket), lokasi perusahaan, kualitas produk film, efektivitas promosi, dan kualitas pelayanan. Sedangkan variabel daya tarik industri diwakili oleh indikator : daya beli konsumen, regulasi pemerintah daerah, perubahan teknologi, struktur persaingan, pertumbuhan pasar, psikografi penduduk, dan lingkungan industri/persaingan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara dan penyebaran kuesioner yang ditujukan kepada unsur pimpinan dan perwakilan karyawan PT. Dian Insan Cipta sebagai respondennya. Jumlah responden sebanyak 9 orang, terdiri atas unsur pimpinan sebanyak 4 orang dan wakil karyawan sebanyak 5 orang. Teknik analisis diawali dengan analisis SWOT untuk mengidentifikasi faktor kunci internal dan eksternal, kemudian dilanjutkan dengan pemetaan kedalam “Matriks daya Tarik Industri (MDTI)”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa posisi strategis perusahaan berada pada kuadran dimana kekuatan bisnis berada dalam kategori tinggi, dan demikian juga daya tarik industri berada pada kategori tinggi. Posisi tersebut menunjukkan bahwa perusahaan berada pada posisi “investasi dan tumbuh”, dengan alternatif strategi pemasaran yang tepat adalah “strategi pertumbuhan dominasi dan strategi investasi maksimum”. Alternatif strategi pemasaran yang bisa dikembangkan secara lebih rinci adalah sebagai berikut : 1. Strategi pertumbuhan dominasi dilakukan dengan cara : a. Mengembangkan pasar secara keseluruhan, yang bisa dilakukan melalui “pembukaan pasar didaerah/lokasi lain, dan mencari konsumen baru” b. Mempertahankan pangsa pasar yang ada dengan menambah jam tayang. 2. Strategi investasi maksimum, yang bisa dilakukan dengan cara : a. Menambah gedung cinema b. Menambah layanan eksklusif untuk kelas VIP dengan harga tiket lebih mahal Kata Kunci : Kekuatan bisnis, daya tarik industri, strategi investasi dan tumbuh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Unnamed user with email [email protected]
Date Deposited: 20 Oct 2020 01:10
Last Modified: 20 Oct 2020 01:10
URI: http://repository.unikal.ac.id/id/eprint/111

Actions (login required)

View Item View Item